August 25, 2007

About ESA

ESA adalah Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNTAN Pontianak. Anggota ESA biasa akrab disapa dengan "Anak-anak ESA" atau ESA Member. Tidak semua Mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris bisa mendapat gelar tersebut. Sebab proses pengkaderan berlangsung dari sejak pertama mereka (mahasiswa baru) melangkahkan kaki ke Kampus Orange ini.

Setelah melalui proses pengkaderan baik secara sistematis organisasi maupun proses sosialisasi kehidupan kampus, mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris yang kemudian akan dilantik sebagai ESA Member. Kemudian setiap anggota mempunyai hak menjadi pengurus tentunya sesuai mekanisme yang ada. PEngurus ESA menjalankan program kerja yang sesuai dengan visi dan misi ESA khususunya dan FKIP UNTAN pada umumnya.

“We couldn’t afford you money but we will share experiences and togetherness as ESA members.” (Kak Hamna ’02/Ketua English Pintar 2006)

Berikut adalah beberapa kegiatan ESA yang diadakan setiap tahunnya:

SCALDS; Student Care, Love, and Development of Solidarity. Event penting dalam kaderisasi ESA members. Suatu momen introduksi mahasiswa, introspeksi diri, dan lain-lain sesuai dengan goal yang ingin dicapai.

ECP; ESA Camping Project. Presensi terakhir bagi mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris yang akan menjadi ESA members. Merupakan event besar dari kaderisasi ESA yang diadakan diluar kota/daerah dengan program yang dikemas sangat menarik, diantaranya praktek mengajar di Sekolah Negeri yang terpilih.

EP; English Pintar. Event klasik sebagai wadah aktualisasi bakat bagi pelajar dan mahasiswa dengan berbagai goal yang ingin dicapai.

BHRF; Borneo Hard Rock Festival. Event klasik dan tipikal bagi Hard Rocker West Borneo yang ingin unjuk gigi. (Bagi mahasiswa baru/fresher diharuskan mengikuti proses jalannya EP dan BHRF karena juga termasuk big event di West Borneo ini)

GERAM; Gema Ramadhan. Event yang diadakan pada setiap bulan Ramadhan, untuk menjalin tali silaturahmi sesama muslim khususnya, dan sesama mahasiswa sebagai unsur masyarakat pada umumnya. (wajib bagi mahasiswa baru untuk mengikuti, selama kegiatan SCALDS ditiadakan)

Closing: A point of view after 2 years in ESA

Wherever you are!

ESA adalah organisasi yang dinamis, ESA tidak akan ada apa-apanya tanpa anggota. ESA members berhak ekspresif, individualis, kritis, politis, pesimis, oposisi, santai namun pada saat bersama dalam satu wadah, yaitu ESA FKIP UNTAN, ESA members diharapkan dapat saling menjaga, saling merasa/satu rasa, tidak meninggalkan kawan dibelakang, optimis, memberi usul yang konkrit dan ESA members selalu ada dan siap walaupun sedang tidak dibutuhkan, hingga akhirnya yang ada hanya untuk mencapai tujuan yang diinginkan bersama. Wherever you are!



(The writer is ESA member ‘04)

1 comment(s):

“We couldn’t afford you money but we will share experiences and togetherness as ESA members.” (Kak Hamna ’02/Ketua English Pintar 2006)


can somebody tell me where she is now?